I want to greet you all (again)

CYMERA_20140816_210258

Hmm…well.. disibukkan dengan bolak balik ke we se (alias toilet) sebagai dampak negatif dari jenis makanan dan minuman yang diasup hari ini tidak terorganisir dengan baik, dan tanpa sadar gerakan jarum jam terus melaju sampai terperangah (lebay!), jarum jam menunjukkan pukul 22.30 WIB. tergerak raga membuka laptop oleh karena kepengen menutup malem ini dengan sapaan hangat penuh doa untuk kamu, kamu, dan kamu (ada 3 orang)…,i want to greet you all (again). Tema yg pas untuk hari ini adalah “bahagia itu berjama’ah sob!” 😀 . (Hampir) seharian bersama wanita-wanita berhati mulia ini, cukup berkesan… sedikit menginspirasi … lumayan seru..  Hampir sebulan tidak bertatap muka, terpisah jarak dan waktu, hanya bisa bertegur sapa via bbm, saling mengingat lewat doa, nasehat menasehati, tenggang rasa, dan tentunya saling mengasihi antar sesama :D. Hari ini – bukan karena kangen.. lebih tepatnya karena kepengen refreshing (mungkin kami mulai jenuh) – tanpa berbanyak konsep, tanpa diskusi berkepanjangan, bahkan tanpa dirangkaikan dengan HUT RI besok, kesamaan rasa membuat masing-masing dari kami tergerak … Ikatan batin yg cukup kuat dalam bingkai kebersamaan, kami ber empat berjamaah merajut kisah di hari ini! Ya…  Mengawali pagi dengan jogging (padahal jalan) berjamaah, sarapan (padahal ngemil) berjamaah, nyalon (padahal cuci rambut doang) berjamaah, kondangan (bukan tulus yang itu) berjamaah, ngeskrim bareng (yang awalnya berstatus ngutang, tetiba lunas), solat berjamaah (pake imam khusus), bowling berjamaah (padahal salah kostum), nge-bir (padaha nge-teh manis pake es) berjamaah, ngebaso berjamaah (di baso sahabat laladon).  Pokoknya kayak lagi paket komplit malem minggu berjamaah ^_^
Buat dede (padahal tuan raja): banget of thanks, transportasi + bonus es cream nya yummy!
Buat dede (bukan tuan raja): selamat! Anda pemaen bowling handal  sista…
Buat nta: laen kali, pake gaun yg emas nya bukan hanya di kerah doang :p
Buat dita: segera sediakan imam solat asar buat kita jamaah yaa.. 😀
Makasih bingitzzz buat kalian ukhti2 tercinta.  kalian memang luar biasa!.  Energi negatif yang habis terbuang tadi semoga mengantar kalian menuju kualitas tidur malem yang sempurna (serta) selalu dalam lindungan Allah swt…

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

(saya bukan orang yang paham banyak mengenai hal ini, saya menuliskan hal ini sekedar pengetahuan dan saya dan mudah2an ada maanfaatnya). Hampir setiap tahun sebagian besar umat islam di Indonesia (selalu) “heboh” dengan penentuan kapan memulai puasa 1 Ramadhan. Bagi saya pribadi tidak masalah kapan seseorang memulai untuk berpuasa 1 Ramadhan. Karena setiap orang islam (saya yakin) pasti punya alasan untuk kemudian memutuskan memulai puasa 1 Ramadhan- nya kapan. Bahkan “ikut-ikutan” (menurut saya) juga masuk kepada kategori alasan yang dapat saya terima. (Maaf kalau ada yang tidak sepakat dengan statement yang ini). Sepengetahuan saya, metode penentuan 1 Ramadhan yang digunakan oleh umat muslim di dunia (1.hisab, 2.rukiyatul hilal lokal, 3.rukiyatul hilal global) berlandaskan pada dalil-dalil yang shohih.
Postingan ini terinspirasi dari teman-teman yang menanyakan (hampir setiap tahun) hal yang sama kepada saya. “Kapan mulai puasa 1 Ramadahan Lim?”, “Kamu Muhammadiyah ya Lim?”, “Sebenarnya mana sih penentuan 1 Ramadhan yang tepat?”.
Hmm,,, well, jawaban saya “Wallahu a’lam” 🙂
Namun selama ini memang saya selalu mengikuti keputusan Muhammadiyah dalam menentukan 1 Ramadhan, karena alasan dan analisis yang diutarakan (alhamdulillah) dapat saya terima. 
Berikut saya kutip dari media mengenai alasan “Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab?” yang dimuat tahun 2011. 

Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab ?

Senin, 01-08-2011
Dibaca: 7781

Salah satu saat Muhammadiyah ‘naik’ di media massa adalah ketika menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Pasalnya, Muhammadiyah yang memakai metode hisab terkenal selalu mendahului pemerintah yang memakai metode rukyat dalam menentukan masuknya bulan Qamariah. Hal ini menyebabkan ada kemungkinan 1 Ramadhan dan 1 Syawal versi Muhammadiyah berbeda dengan pemerintah. Dan hal ini pula yang menyebabkan Muhammadiyah banyak menerima kritik, mulai dari tidak patuh pada pemerintah, tidak menjaga ukhuwah Islamiyah, hingga tidak mengikuti Rasullullah Saw yang jelas memakai rukyat al-hilal. Bahkan dari dalam kalangan Muhammadiyah sendiri ada yang belum bisa menerima penggunaan metode hisab ini.

Umumnya, mereka yang tidak dapat menerima hisab karena berpegang pada salah satu hadits yaitu “Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan bebukalah (idul fitri) karena melihat hilal pula. Jika bulan terhalang oleh awan terhadapmu, maka genapkanlah bilangan bulan Sya’ban tigapuluh hari” (HR Al Bukhari dan Muslim). Hadits tersebut (dan juga contoh Rasulullah Saw) sangat jelas memerintahkan penggunaan rukyat, hal itulah yang mendasari adanya pandangan bahwa metode hisab adalah suatu bid’ah yang tidak punya referensi pada Rasulullah Saw. Lalu, mengapa Muhammadiyah bersikukuh memakai metode hisab? Berikut adalah alasan-alasan yang diringkaskan dari makalah Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A. yang disampaikan dalam pengajian Ramadhan 1431.H PP Muhammadiyah di Kampus Terpadu UMY.

Hisab yang dipakai Muhammadiyah adalah hisab wujud al hilal, yaitu metode menetapkan awal bulan baru yang menegaskan bahwa bulan Qamariah baru dimulai apabila telah terpenuhi tiga parameter: telah terjadi konjungsi atau ijtimak, ijtimak itu terjadi sebelum matahari terbenam, dan pada saat matahari terbenam bulan berada di atas ufuk. Sedangkan argumen mengapa Muhammadiyah memilih metode hisab, bukan rukyat, adalah sebagai berikut.

Pertama, semangat Al Qur’an adalah menggunakan hisab. Hal ini ada dalam ayat “Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan” (QS 55:5). Ayat ini bukan sekedar menginformasikan bahwa matahari dan bulan beredar dengan hukum yang pasti sehingga dapat dihitung atau diprediksi, tetapi juga dorongan untuk menghitungnya karena banyak kegunaannya. Dalam QS Yunus (10) ayat 5 disebutkan bahwa kegunaannya untuk mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu.

Kedua, jika spirit Qur’an adalah hisab mengapa Rasulullah Saw menggunakan rukyat? Menurut Rasyid Ridha dan Mustafa AzZarqa, perintah melakukan rukyat adalah perintah ber-ilat (beralasan). Ilat perintah rukyat adalah karena ummat zaman Nabi saw adalah ummat yang ummi, tidak kenal baca tulis dan tidak memungkinkan melakukan hisab. Ini ditegaskan oleh Rasulullah Saw dalam hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim,“Sesungguhnya kami adalah umat yang ummi; kami tidak bisa menulis dan tidak bisa melakukan hisab. Bulan itu adalah demikian-demikian. Yakni kadang-kadang dua puluh sembilan hari dan kadang-kadang tiga puluh hari”. Dalam kaidah fiqhiyah, hukum berlaku menurut ada atau tidak adanya ilat. Jika ada ilat, yaitu kondisi ummi sehingga tidak ada yang dapat melakukan hisab, maka berlaku perintah rukyat. Sedangkan jika ilat tidak ada (sudah ada ahli hisab), maka perintah rukyat tidak berlaku lagi. Yusuf Al Qaradawi menyebut bahwa rukyat bukan tujuan pada dirinya, melainkan hanyalah sarana. Muhammad Syakir, ahli hadits dari Mesir yang oleh Al Qaradawi disebut seorang salafi murni, menegaskan bahwa menggunakan hisab untuk menentukan bulan Qamariah adalah wajib dalam semua keadaan, kecuali di tempat di mana tidak ada orang mengetahui hisab.

Ketiga, dengan rukyat umat Islam tidak bisa membuat kalender. Rukyat tidak dapat meramal tanggal jauh ke depan karena tanggal baru bisa diketahui pada H-1. Dr.Nidhal Guessoum menyebut suatu ironi besar bahwa umat Islam hingga kini tidak mempunyai sistem penanggalan terpadu yang jelas. Padahal 6000 tahun lampau di kalangan bangsa Sumeria telah terdapat suatu sistem kalender yang terstruktur dengan baik.

Keempat, rukyat tidak dapat menyatukan awal bulan Islam secara global. Sebaliknya, rukyat memaksa umat Islam berbeda memulai awal bulan Qamariah, termasuk bulan-bulan ibadah. Hal ini karena rukyat pada visibilitas pertama tidak mengcover seluruh muka bumi. Pada hari yang sama ada muka bumi yang dapat merukyat tetapi ada muka bumi lain yang tidak dapat merukyat. Kawasan bumi di atas lintang utara 60 derajad dan di bawah lintang selatan 60 derajad adalah kawasan tidak normal, di mana tidak dapat melihat hilal untuk beberapa waktu lamanya atau terlambat dapat melihatnya, yaitu ketika bulan telah besar. Apalagi kawasan lingkaran artik dan lingkaran antartika yang siang pada musim panas melabihi 24jam dan malam pada musim dingin melebihi 24 jam.

Kelima, jangkauan rukyat terbatas, dimana hanya bisa diberlakukan ke arah timur sejauh 10 jam. Orang di sebelah timur tidak mungkin menunggu rukyat di kawasan sebelah barat yang jaraknya lebih dari 10 jam. Akibatnya, rukyat fisik tidak dapat menyatukan awal bulan Qamariah di seluruh dunia karena keterbatasan jangkauannya. Memang, ulama zaman tengah menyatakan bahwa apabila terjadi rukyat di suatu tempat maka rukyat itu berlaku untuk seluruh muka bumi. Namun, jelas pandangan ini bertentangan dengan fakta astronomis, di zaman sekarang saat ilmu astronomi telah mengalami kemajuan pesat jelas pendapat semacam ini tidak dapat dipertahankan.

Keenam, rukyat menimbulkan masalah pelaksanaan puasa Arafah. Bisa terjadi di Makkah belum terjadi rukyat sementara di kawasan sebelah barat sudah, atau di Makkah sudah rukyat tetapi di kawasan sebelah timur belum. Sehingga bisa terjadi kawasan lain berbeda satu hari dengan Makkah dalam memasuki awal bulan Qamariah. Masalahnya, hal ini dapat menyebabkan kawasan ujung barat bumi tidak dapat melaksanakan puasa Arafah karena wukuf di Arafah jatuh bersamaan dengan hari Idul Adha di ujung barat itu. Kalau kawasan barat itu menunda masuk bulan Zulhijah demi menunggu Makkah padahal hilal sudah terpampang di ufuk mereka, ini akan membuat sistem kalender menjadi kacau balau.

Argumen-argumen di atas menunjukkan bahwa rukyat tidak dapat memberikan suatu penandaan waktu yang pasti dan komprehensif. Dan karena itu tidak dapat menata waktu pelaksanaan ibadah umat Islam secara selaras diseluruh dunia. Itulah mengapa dalam upaya melakukan pengorganisasian system waktu Islam di dunia internasional sekarang muncul seruan agar kita menggunakan hisab dan tidak lagi menggunakan rukyat. Temu pakar II untuk Pengkajian Perumusan Kalender Islam (Ijtima’ al Khubara’ as Sani li Dirasat Wad at Taqwimal Islami) tahun 2008 di Maroko dalam kesimpulan dan rekomendasi (at Taqrir al Khittami wa at Tausyiyah) menyebutkan: “Masalah penggunaan hisab: para peserta telah menyepakati bahwa pemecahan problematika penetapan bulan Qamariahdi kalangan umat Islam tidak mungkin dilakukan kecuali berdasarkan penerimaan terhadap hisab dalam menetapkan awal bulan Qamariah, seperti halnya penggunaan hisab untuk menentukan waktu-waktu shalat”.

(Disalin sesuai dengan aslinya oleh PDM Kabupaten Bengkalis dari:http://immugm.web.id ).

*Wallahu a’lam

berita Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab ? muhammadiyah official site PDM Kabupaten…
BENGKALIS.MUHAMMADIYAH.OR.ID

Golongan darah berdampak pada kehidupan, pekerjaan, dan hubungan anda dengan orang lain?

 

tumblr_inline_mjy5vfORFE1qz4rgp

 

Golongan darah berdampak pada kehidupan, pekerjaan, dan hubungan anda dengan orang lain
People recognize what kind of person you are only from your blood type!

Really? Oh ya? Masa sih? Ah nonsense!

haha… terima kasih teman2 yang mau merespon kalimat ini.

Akhirnya tergerak dan punya waktu juga menulis  topik ini. 🙂

Kedengarannya memang seperti horoscope kalo “memaksa” mengaitkan golongan darah (ABO) dengan kepribadian seseorang. Ahli darah dan psikolog sekalipun kayakanya bakal menentang habis2an tentang hal ini.

nah rekan-rekan theSOL, bukan mau menjelaskan secara ilmiah keterkaitan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang. Saya hanya menyajikan dan merangkum informasi mengenai golongan darah dan karakter seseorang yang saya peroleh dari beberapa tulisan. Kebanyakan orang-orang jepang yang membahas tentang hal ini.

Nih yaa, karakter (yang paling menonjol) dari seseorang berdasarkan golongan darahnya:

(A)    Cenderung perfeksionis, penuh perencanaan tinggi, dapat diandalkan, dalam melakukan pekerjaan sangat bertanggung jawab, taat peraturan, biasanya pemalu, sangat bertanggung jawab, sabar, lebih suka bekerja sendiri, stay cool dalamkeadaaan krisis padahal di dalam dirinya sebenarnya lagi stress. Cocok dengan gol.darah O.

(B)    Santai, tidak mudah stress, easy going, bebas, paling menikmati hidup, individualis, paling sering terlambat dalam urusan waktu, biasanya paling mudah ngantuk dan susah dibangunin kalo tidur, suka banget memperhatikan penampilan, sulit multi-tasking. Cocok dengan gol.darah AB.

(AB) Berfikir logis, cool,unik, suka hal-hal aneh, banyak akal dan kreatif, kritis, lebih mengedepankan logika dibanding perasaan, paling banyak jadi mediator/penengah kalau perselisihan, kebanyakan golongan darah AB pelupa. Cocok dengan gol.darah B

(O) Percaya diri tinggi, tegas,gampang memaafkan, sulit mengalah, berjiwa leadership dan problem-solver, paling kuat ingatannya, daya konsentrasi tinggi, gak gampang stress, antibodynya paling kuat (gk gampang sakit). Cocok dengan gol.darah A.

Gimana? Pasti mulai mikir lagi kan. Ada yang nyeletuk “waahh, gue banget man!!” atau komen “sebagian besar ada benernya” atau komen “ah, gue golongn darah A tapi kok karakternya kayak O?”  Whatever lah.. (skali lagi, ini info saya kutip dari berbagai sumber yang belum sempat saya uji telusuri  validitasnya)” ^_^. Jadi gk perlu didalami secara berlebihan…hati-hati lho, bisa krisis identitas. 😀
Oh ya satu lagi (buat yang masih pengen tau banyak, ada beberapa film yang recomended untuk menggali info banyak tentang hal ini. Kalo lagi iseng bisa coba liat film yg judulnya  “Blood type”, “My Boyfriend is Type B” (film jepang).

Nah, kalo udah pada tau golongan darah, maka ada juga nih tips berkomunikasi atau menghadapi orang yang belum terlalu kita kenal, cukup tau dulu golongan darahnya saja. Jurus ini kan bisa dipake kalo misalnya menghadapi kenalan baru, gebetan, dosen pembimbing, atau bahkan calon mertua (ups :p). Tapi kayaknya gk saya posting sekarang, lain episode aja kali yaa :):)

 

References:

http://webcenters.netscape.compuserve.com/love/package.jsp?name=fte/bloodtype/bloodtype
http://en.wikipedia.org/wiki/Blood_types_in_Japanese_culture
http://whatsmybloodtype.org/character.html
http://changingminds.org/explanations/preferences/typea_typeb.htm

 

 

 

 

and I didn’t expect to dream about them….

diatom_wikipediadan aku pun tak berharap malam ini akan bermimpi bertemu dengan  makhluk-makhluk itu…
Merebahkan tubuh sejenak,
Memejamkan mata, yang hadir adalah bayangan mereka…
Dan….
mulai……..
berada di taman mikroalga,  berbagai macam ukuran Nitszchia dan Navicula bertebaran dimana-mana.. Tak satupun namanya kuingat.. Aku bergerak mendekati tumpukan serasah… ada si kembar Thalassiotrix dan Thalassionema yang tertidur lelap, Si mangkuk Cyclotella dan bundaran-bundaran Coscinodiscus yang bergerak tak beraturan… Si bantal Biddulphia yang berada di sudut taman terlihat begitu tenang… Ada pula, Lingkaran-lingkaran pita spirulina yang menambah keunikan tempat ini. Kristal-kristal pediastrum berkilauan di ujung pandangan mata.  Hadir juga, Si cantik Plaurosigma dengan lekukan tubuhnya yang seksi. Di salah satu sisi taman, kumpulan Asterionella bergerak berputar-putar di bawah bambu Rhizosolenia. Si gagah Chaetoceros, sibuk menata dan sesekali menghitung jumlah cetaenya..
Pemandangan yang menakjubkan!
Tiba-tiba..tetesan lugol berjatuhan dari langit… Semakin lama, semakin deras… Aku pun ikut basah.. Kucoba berteduh di dalam payung Peridinium dan berusaha naik di atas perahu Cymbella.. Tapi, semua sia-sia….
Sekejap semuanya gelap, berubah menjadi kecokelatan. Aku pun ikut hanyut bersama mereka ….
— the end — NP
#sumber gambar: http://en.wikipedia.org/wiki/Diatom

Is Raining…

Raining and yawning 2013 FebruaryDibalik kaca jendela kamar….
Derasnya air Hujan mengguyur kota Bogor
Terfikirkan.. sejuta pertanyaan dalam benak ini…
Apakah orang yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing  juga merasakan hal yang sama? Tidakkah momen indah ini begitu syahdu dan mengagumkan untuk disaksikan…Sayang untuk terlewatkan. Tetes air seakan membasuh hati. Membawa ketenangan dan kedamaian di dalam dada. Sejuknya… Subhanallah!!! Sungguh kenikmatan yang luar biasa..
bagaimana nasib saudaraku yang ada di Jakarta atau di dataran rendah lain? Apakah sekarang mereka sibuk memindahkan barang dan harta bahkan mengungsi ke tempat lain sehingga tak sempat menyaksikan begitu indahnya butiran air, tetes demi tetes membasahi bumi…
Bagaimana kondisi teman-temanku yang tak punya tempat tinggal untuk berteduh? Apakah terpaksa mereka harus basah kuyup, kedinginan dan jatuh sakit sehingga tak merasakan kenyamanan dan kesejukan ini?
bagaimana kabar orang-orang yang kelaparan saat ini? Apakah hujan ini bisa menghilangkan rasa lapar mereka? atau malahan membuat mereka semakin geram dan kelaparan?
trus bagaimana dengan orang yang lagi sakit? semakin dingin? semakin menggigil?
Berapa banyak makhlukMu yang saat ini bertasbih memuji keMaha AgunganMu? Jangan-jangan Kami makhlukmu terlalu sibuk dengan urusan dunia, sampai-sampai Kami melewatkan keberkahan yang Engkau turunkan saat ini?
Apapun itu semua, Berapa pun perbandingan makhlukmu yang bertasbih dan yang tidak mau bersyukur padaMu, tak akan pernah bisa mengubah sedikitpun posisi KeMaha BesaranMu.. Ya Awwal.. Yaa Akhiir..Ya Qoyyum.. Ya Latiif..
Ya Allah. Puji syukur atas nikmat sehat yang engkau anugerahkan. Segala puji bagiMu atas semua kecukupan rejekiMu padaku, syukurku atas tempat berteduh dan pakaian yang hangat ini. Terima kasih atas nikmatMu yang tak pernah putus engkau curahkan. Jadikanlah hambaMu ini menjadi manusia yang memiliki cinta untuk senantiasa ikhlas mengabdi padaMu dan mengemban semua amanahMu. Tulus berbagi ke sesama..
Semua ini, semata karna Cinta dan KasihMu ya Allah..

Darmaga-Bogor

CIMG0089

TOP cold…

kepikSelamat pagi semuanya… 😀 🙂 😉
Pagi hari ini Bogor diguyur hujan…
udara luar seakan menembus kulit
bergerak ke dalam, terus dan teruuuuus dan akhirnya mencapai tulang
seluruh tulang dari tengkorak ampe tungkai bawah mendadak beku.
Jadi kepengen pasang pemanas di antara sendi2 tulang
Tubuh terasa ringan, keceparan aliran darah serasa menurun
sehingga seperti tak ada hangat sediktpun yang bersumber dari dalam
brrrr…. dinginnya TOP!

My fried looks tantalize!!! yummy… ^_^

fried riceMulai enak dideteksi lidah….
Nasi goreng ayam di Bogor pagi yang dingin…
Pas!! Enak.. Lezat dan Nikmat!
😀 🙂 😀
Thank u for special testers (Mila.. Nufi..Tika)

Selamat pagi dan mari bersama menyambut hari dengan penuh syukur 🙂

FiSAT

FiSATAwesome! I get! yeaah….
Oh Lord! thank you so much,

software statistika FiSATSoftware Statistik FiSAT (FiSAT II) atau The FAO-ICLARM Stock Assessment Tools adalah paket program yang dikembangkan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) Fisheries and Aquaculture Department .

(Baru aja bisa pake software ini, jereng mata depan monitor dari tadi. Lagi niat belajar nih.. hihi)

Thanks buat anak2 doktor yang secara gk langsung memaksa ane buat belajar software ini. Sedikit bisa, jadi Lumayan puas! ^_^”/ Nambah ilmu atu lagi nih… Alhamdulillahirobbil’alamiiinn..
Skarang gk roaming  lagi..dengan FiSAT! haha…
Smoga bisa bermanfaat. Aamiin…

Reuni – MSP 44

Sayang sekali, gk semuanya bisa ikutan kumpul kali ini. Yaaah..Paling nggak bukan L4 (Lo lagi- Lo lagi).. hehe. Semangat ya kawan-kawan. Senang bisa kumpul bareng Kalian lagi ^_^ :-* 😀

My Family

4 years ago, Living Aquatic Resources Management 44th members
Lagi praktikum Matakuliah Akuakultur, masih sempat poto euy.. aya2 wae…
Gara-gara telat masuk kelas jadinya kena hukuman dari dosen; Selama 1 semester yang cowok wajib pake kemeja+celana bahan. Yang ceweknya wajib pake rok 😀 :-D. Jenis hukuman yang unik kalo diinget2 lagi. Wal hasil meskipun praktikum di kolam ikan dan basah-basahan dgn air kolam, tetap aja rapih…hahahahahahaha.. #LOL

the beauty of sharing happiness -SDP 2012-

The power of faith, however, is so marvelous; it can change anything, not only in the number of years, but also in the number of months, weeks, days, hours, even seconds. In that case if we want enormous change don’t do it under pressures such as scores, threat, and force but do it within faith power to Allah so that everything will change!
Keep spirit my beloved friends-SDP 2012- ^_^

pray for the happiness of the world and the hereafter…

The prayer in this morning

Ya Allah… lapangkanlah dada kami, mudahkanlah untuk kami urusan kami, tambahkan Kami ilmu, berilah Kami karunia untuk dapat memahami ilmuMu, jadikanlah Kami termasuk orang-orang yang dirindukan surga. Hanya bagiMu segala puji. Hanya milikMu lah segala kemuliaan atas segala keadaan. Wahai zat yang maha tinggi, Kami mohon perlindunganMu dari tersesat dan disesatkan, dari perbuatan dzolim dan didzolimi..

AMIIN YA ROBBAL ‘AALAMIIN
Ya Alloh kabulkanlah doa Kami.

 

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

hujan lebat, angin kencang, gemuruh, kilat, petir, mati lampu = Subhanallah

Maha Suci Allah yang sore hari ini kusaksikan cara alam bertasbih memuji keagunganMU…

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا…

restuningdarajat

Ayo Sekolah

Indonesian Education and Culture Attaché in London

The latest from the Education and Culture Attaché Office, Embassy of the Republic Indonesia in London

Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Ree's

All are written by my own language

My Ph.D Life

Catatan seorang mahasiswa Ph.D

Happy Mom

Tiara Tsani

JavAurora

Manufacturing Hope

SUMBERDAYA LAUT

Indahnya kehidupan Pantai yang perlu di Lindungi

Letters from Gondwana.

Paleontology, books and other stuff.

- theSOL-

Snippets of my Life

tokoku

toko online terpercaya

Konservasi Danau Limboto

* Berbasis Warga DAS * Manajemen Kolaboratif * Aksi Kolektif Lokal

Think like a learner

Personal Website | Yori Yuliandra

The Bond Diaries

"The Purpose of art is washing the dust of daily life off our souls"- Pablo Picasso

eza winde

janganlah mati selagi bernafas, hadapilah ketakutanmu itu

JKalther's Blog

Marine Science, Environment, Geographic Informatyion System, and Remote Sensing.

digensia

Just another WordPress.com site

Beta Consulting : 08571 5200 869 >> Jasa Olah Data SPSS Murah di Jakarta, Jasa Olah Data Skripsi Murah di Jakarta, Jasa Olahdata Statistik Murah, Jasa Olah data SPSS AMOS Lisrel Eviews Stata Murah Jakarta, Jasa Olahdata SPSS SEM AMOS Lisrel Eviews Stata PLS Murah Jakarta, Jasa Konsultan Statistik, Jasa Riset Pasar, Jasa Olah data Skripsi Tesis Depok Jakarta, Olahdata Tesis Jakarta, Olah data Tesis Disertasi Jakarta, Analisis Data SEM Lisrel AMOS PLS, Jasa Survei Bekasi, Analisis Data Statistik SEM Lisrel AMOS PLS, Konsultan Statistik, Analisa Data SEM Lisrel AMOS PLS, Analisa Data Statistik SEM Lisrel AMOS PLS, Analisis Data Statistik SEM Lisrel AMOS PLS, Jasa Analisa Data Statistik, Analisis Regresi SEM Lisrel AMOS PLS, Analisis Korelasi SEM Lisrel AMOS PLS Stata, Analisis Jalur Path SEM Lisrel AMOS PLS,

Indonesian Market Research consultant, Market Research Agency, Jasa Olahdata SPSS Murah; Jasa Olahdata EVIEWS Stata Murah Jakarta; Jasa Olahdata Lisrel AMOS SmartPLS Murah di Jakarta; Jasa Olah data SEM AMOS Lisrel PLS Murah di Jakarta - Jasa Olahdata Statistik Skripsi Tesis Disertasi MURAH di Jakarta, Jasa Konsultan Statistik Jakarta, Jasa Pembuatan Olah data Skripsi Tesis Jakarta, Olahdata Tesis Jakarta, Olahdata Disertasi Tesis Jakarta, Analisa Data SEM Lisrel AMOS PLS, Jasa Analisa Data SEM Lisrel AMOS PLS, Jasa Analisis Data Statistik, Jasa Konsultan Riset Pasar, Jasa Analisis Data SEM Lisrel AMOS PLS, Jasa Survei, Jasa Konsultan Statistik, Jasa Analisa Data Statistik Stata, Analisis Regresi Stata, Analisis Korelasi SEM Lisrel AMOS PLS, Analisis Jalur Path, Analisis Korelasi Spearman

Bang Ali Wear

Polytechnic State Fisheries Tual (Politeknik Perikanan Negeri Tual)

Mari Belajar Gitar

Just another WordPress.com weblog